Bocah Gendeng

Ngelmu Iku Kelakone Kanthi Laku, Senajan To Akeh Ngelmune Lamun Ora Ditangkarake Lan Ora Digunakake, Ngelmu Iku Tanpa Guna. Sugeng Midangetaken Kalian Nyruput ” KOPI TEH SUSU ” Masih Khas Asli Jawa Timur. No Telp, 081 330 403 439 atau Email : bimokukuponconoko@ymail.com. Nuwun.

Kamis, 10 November 2011

Sebuah Perjalanan


Tentu para pembaca blog sebuah perjalanan ini sudah menyadari. Menyadari bahwa beberapa bulan ini tulisan di sini berkurang drastis dibandingkan yang sudah-sudah. Yah, semua itu disebabkan hal di dalam diri, bukan karena kesibukan atau hal di luar diri lainnya. Terasa beberapa bulan ini ada perubahan dalam memandang laku agama sekitar, yang selama ini sebagai bahan tulisan. Semua berawal dari spiritualitas yang semakin menurun. Kesadaran yang semakin diambil alih oleh ego.
Tidak ada kemajuan secara spiritual yang diperoleh dari mengkritik secara keras laku agama, yang sepemahaman saya tidak sesuai dengan maksud dari agama sebenarnya. Kemelencengan dari esensi agama yang selama ini menjadi bahan bakar tulisan di blog ini. Berusaha mendobrak segala tradisi yang selama ini dianggap kebenaran. Membongkar pola pikir yang telah diwariskan, lalu menggantinya dengan pola pikir yang lebih bersifat pribadi. Semua tentu dalam konteks keber-agama-an.
Tapi alih-alih membuat diri menjadi semakin menapaki jenjang lebih tinggi dari spiritualitas, rasanya malah semua energi negatif diserap ketika melakukan kritik melalui tulisan diblog ini menarik diri ke titik yang semakin rendah. Tidak ada masalah sebenarnya jika saya sehebat salah satu guru spiritual yang pernah bersinggungan ajarannya dengan saya. Sang guru mampu untuk mengubah energi negatif yang diserapnya menjadi energi positif. Mengubah energi benci menjadi energi cinta.
Sayang, saya belum sehebat beliau. Jadilah segala negatifitas itu menyeret saya ke lembah terdalam kegelapan spiritual. Menjadi kering kerontang dan kehausan. Semakin lama rasa haus itu semakin tidak tertahan. Maka kuputuskan untuk mulai mengalihkan perhatian pada diri. Berusaha menemukan sumber segala kekeringan yang sangat menyiksa itu. Menjenguk jauh kedalam dan melupakan akan dunia luar. Berusaha untuk menyembuhkan kegelapan yang menggerogoti.
Maka dalam proses itu, blog sebuah perjalanan ini, harus mengalah. Membiarkan diri ini istirahat sejenak melepaskan diri dari urusan yang sangat hingar bingar ini. Berusaha mendefenisikan ulang apa sebenarnya yang dilakukan selama ini. Memang sudah ada titik cerah. Terangkum dalam alinea diatas, bahwa telah terdeteksi sumber masalah sebenarnya. Sedangkan penyelesaian masalah masih dalam proses. Proses yang akan terus berlangsung hingga nanti kembali ke asal.
Proses itu mungkin akan menghasilkan tulisan-tulisan rasa baru. Tulisan yang mungkin tidak akan segarang dulu, atau malah lebih garang. Entahlah. Tapi yang pasti ada sesuatu yang sedang berubah dalam diri ini. Pergerakan itu memang tidak pernah akan selesai sampai akhirnya dapat kembali kepadaNya. Mohon dimaklumi jika selama proses ini, tulisan diblog ini masih akan sangat sedikit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar