Bocah Gendeng

Ngelmu Iku Kelakone Kanthi Laku, Senajan To Akeh Ngelmune Lamun Ora Ditangkarake Lan Ora Digunakake, Ngelmu Iku Tanpa Guna. Sugeng Midangetaken Kalian Nyruput ” KOPI TEH SUSU ” Masih Khas Asli Jawa Timur. No Telp, 081 330 403 439 atau Email : bimokukuponconoko@ymail.com. Nuwun.

Minggu, 13 November 2011

Santet Sulit Dinalar Tapi Ada

Apakah ilmu santet itu benar-benar ada ?
Ya.
Bolehkan belajar ilmu santet ?
Jika anda beriman kepada Allah, tidak boleh.
Apakah santet itu masuk akal ?
Santet tidak bisa dinalar alias tidak masuk akal.
Apakah di luar negeri ada ilmu santet ?
Ada, tapi namanya lain, tergantung daerah dan kultur masyarakat.
Apakah kalau kita tak percaya santet, kita nggak akan bisa disantet ?
Santet bukan soal percaya nggak percaya. Meski seseorang tidak percaya hal tak masuk akal seperti ini, santet tetap berpotensi bisa menyerang yang bersangkutan.
Sebenarnya apa sih ilmu santet itu ?
Saya cukup lama mengamati fenomena ilmu santet. Di daerah lain di Indonesia, santet kadang punya sebutan sendiri-sendiri. Misalnya, guna-guna, teluh, dan sebagainya. Beberapa literatur budaya pernah menyinggung soal ilmu gaib ini. Pun, masing-masing orang mendefinisikan sendiri apa sebenarnya ilmu santet itu.
Ilustrasi Santet
KEBATHILAN: Semua jenis santet pada dasarnya sama, yakni bertujuan menyakiti atau membuat orang lain menjadi sengsara. Beberapa jenis santet memiliki daya rusak tinggi dan bisa membunuh orang dengan cara yang tidak logis.
Santet sebenarnya termasuk ilmu sihir. Bangsa jahiliyah juga mengenal ilmu sihir, sejak zaman para nabi. Cuma beda sebutan saja. Dalam perspektif ilmu energi, santet termasuk energi negatif. Meski ada sebagian pihak mengklaim kalau ilmu santet bisa untuk kebaikan, atau setidaknya membela kebaikan, saya tetap menggolongkan ilmu santet sebagai energi negatif.
Dan ini yang menarik. Saya punya temuan tersendiri soal santet.
Ternyata, santet tidak melulu harus memasukkan sesuatu barang ke tubuh manusia. Tidak selalu harus mengubah materi menjadi energi, energi masuk ke target, lalu di dalam tubuh target energi itu berubah menjadi materi. Tidak harus demikian. Bahkan, tidak perlu ke dukun santet untuk menyantet orang. Orang biasa yang tak punya ilmu santet pun, bisa menyantet orang lain.
Dengan latar belakang itulah, maka saya menganggap ilmu santet adalah hal negatif berupa ucapan atau tindakan yang bertujuan untuk mencelakakan orang lain, baik dengan sengaja atau tidak sengaja menggunakan dimensi energi tertentu dan dengan cara tertentu pula untuk mencapai tujuan yang dikehendaki. Kategori mencelakakan bisa dalam bentuk membuat sakit sementara, sakit permanen, kecelakaan atau musibah, kelumpuhan, dan yang terberat adalah meninggal dunia.
Santet tetap sulit diterima dengan akal sehat. Sangat kontra logika. Tetapi, keberadaannya diakui sebagian masyarakat.
Jangan dibilang kalau diluar negeri tak ada ilmu santet, dengan alasan masyarakatnya rasional dan logis. Setiap negeri punya sebutan tersendiri oleh energi negatif yang satu ini. Tim VoA (Voice of America) pernah menayangkan soal tingkat kepercayaan masyarakat Amerika Serikat terhadap hal yang irasional. Dan ternyata, hampir 50 persen masyarakat Amerika mengamini tentang adanya hal-hal di luar akal sehat, baik itu berkaitan dengan hantu, roh, voodoo, paranormal activity dan sejenisnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar